Sabtu, 13 Desember 2008

ORE WA HITORI JANAI

ORE WA HITORI JANAI

Sekapur sirih tentang ore
Ada yang tidak biasa dalam setiap tulisan di blog ini, yakni banyaknya kata ore. Alasan kenapa subyeknya disini banyak yang pakai "ORE", sebab bagi ore kalau pake "AKU" kesannya agak sombong dan kaku, pakai "SAYA" itu sudah biasa, ore pengennya yang agak beda, rasanya terlalu formal aja padahal ore suka bab nyantai. Pakai "GUE" ore bukan orang Jakarte, pakai "ELO" artinya ndak sama dengan ore. Akhirnya ore dapat kata yang lumayan cocok buat ore.

Terinspirasi dari ucapannya Kuraudo (baca: cloud) dalam ADVENT CHILDREN pilem FINAL FANTASY VII, di endingnya dia bilang "Ore wa hitori janai", yang artinya "aku tidak sendirian" atau kalau di inggrisin jadi I'm not alone. Kalau kisahnya dikutip dengan bebas kira2 gini, kuraudo orang yang hebat dan berbakat, tapi dia sering pesimis bisa membantu orang dekatnya, malahan dia berpikir dirinya tidak berguna dan bikin susah mereka saja, makanya dia memilih pergi dan menyendiri. Nah ketika terjadi sesuatu semua orang dekatnya datang membantu, memberi semangat dan akhirnya dia kembali sadar bahwa banyak orang sekitar yang perduli dan membutuhkan keberadaannya. Di akhir cerita kuraudo terbangun dan mendapati teman2nya tengah menunggu didekatnya habis itu dia bilang ore wa dst. . (jadi pengen keyk Kuraudo, keren abiiiiiss man)

Kenapa Kuraudo, sebab ada kesamaan antara ore dan dia (ih, apanya yang sama?), dalam keseharian selalu merasa sendirian, kesepian di tengah keramaian, kurang diperhatIkan, berpotensi tapi tidak tersalurkan, tampang keren tapi kurang perawatan (agak didramatisir he..3x). Mangkanya biar bisa bangkit macam Kuraudo ore petik aja satu kata darinya, sebagai pengingat bahwa ore tidak sendiri dalam menjalani hidup ini.

Kembali tentang "ORE", berasal dari bahasa jepang yang artinya saya, bentuk gaul dari kata watashi artinya juga saia. Dalam bahasa jepang yang memiliki arti saya bukan hanya watashi, masih ada boku, watakushi, atashi, washi, ware ware, *inyong*, termasuk ore. Selain itu dalam bahasa inggris ore juga bisa berarti bijih bahan tambang, yang kalau dalam game Final Fantasy item ore digambarkan macam batu mulia yang berkilau, meski tidak sehebat item yang lain tapi tetep aja berharga, kalau dikumpulin banyak bisa dijual jadi duit deh, bisa beli senjata baru.

Bukannya bermaksud merusak tatanan bahasa indonesia yang sudah baku, tapi lebih mengarah pada pembentukan ciri identitas (masak sih?..). Hmmm.. pertama memang agak aneh menggunakan kata ore, tapi kelamaan makin enjoy aja, soalnya ada sensasi yang lain, misalnya bisa dibaca dengan kesan sudut pandang orang yang berbeda. Bagi yang ndak ngerti artinya "ore" kan dikira itu nama orang hay..hay..hay..*ketawanya tuan crab bos e sponge bob*

Jadi jangan kaget dan jangan heran, biar dikata bikin bahasa gaul sendiri atau ngimpor ilegal dari luar negeri ore PeDe2in aja, selama ndak bikin rusuh atau mengancam perdamaian dunia, "ore" akan tetep dipakai dalam tulisan di blog ini meski ndak seratus persen. Kecuali warga kampung pada demo gara-gara ore, tapi apa salahnya ore ?.

............. itulah kenapa kok ore.

2 komentar:

  1. Ore wa history janai, anatano tokiwa owarimashita. yume ni made mittayo sweet love.... kantan ni ikanai ga ikite yukeru...

    BalasHapus