Sabtu, 13 Desember 2008

Mengetik Huruf Jepang

Mengetik Huruf Jepang

Kali ini ore mau bagi tips bagaimana cara agar bisa nulis huruf jepang di komputer yang tidak didukung dengan fasilitas buat ngetik huruf kana. Di sini ore menggunakan fasilitas autoCorrect yang ada di microsoft word. Caranya agak ribet makanya harus sabar dan telaten.

Pertama nyalakan komputer (itu sudah pasti), buat file baru di MS word, masuk ke menu Insert trus tekan Symbol maka otomatis kita masuk Jendela symbol. Kemudian di kotak font gantilah nama font menjadi SimSun, Gulim, atau (Asian Text), diantara simbol-simbol yang muncul terdapat huruf hiragana dan katakana. Kemudian masukkan semua huruf kana tersebut ke lembar kerja dengan menekan tombol insert atau klik dua kali pada hurufnya.

Setelah semua huruf jepangnya dah nongol, langkah selanjutnya masuk lagi ke menu Insert kemudian tekan Autotext. Setelah jendela Autotext muncul, pilihlah menu AutoCorrect. Selanjutnya di kotak With kita masukkan satu per satu huruf kana ke dalamnya. Karena tidak bisa diketik terpaksa kita gunakan copy paste dari lembar kerja yang sudah kita sediakan tadi. Trus di kotak Replace kita ketik bacaannya dengan menambahi dua koma di belakangnya. Setelah itu tekan Add. Untuk lebih mudahnya ore kasih contoh

Hiragana
Replace: a,, With: あ, か : ka,, さ : sa,, た : na,, は : ha,, ま : ma,, や : ya,, ら : ra,, わ : wa,, じゃ : ja,, ん : n,, ぶ : bu,, dan seterusnya.

Untuk huruf kecil seperti ゃ harus menggunakan bacaan yang berbeda dalam kotak Replace. Misal や besar pake dua koma untuk ゃkecil kasih tiga koma (ya,,,) atau y tanpa a ( y,,) terserah mau yang mana. Dan kenapa harus dua koma kok ndak satu aja, itu supaya tidak mengganggu waktu kita mau nulis " oh gitu ya, … " trus "ya" nya brubah jadi "や" , kan ndak lucu. Lagi pula format tulisan yang pake dua koma juga hampir ndak ada, jadi untuk menghindari salah paham kita gunakan dua atau tiga koma.

Untuk yang katakana pada kotak With tulisan bacaannya diikuti dengan dua garis miring. Contoh:

ア : a// カ: ka// サ: sa// タ: ta// ナ: na// ハ: ha// マ: ma// ヤ: ya// dan seterusnya

setelah selesai bisa langsung digunakan. Caranya kalau ingin ngetik huruf "す" maka ketik aja su,, dengan dua koma, maka secara otomatis akan berubah menjadi su dengan huruf hiragana, atau su// untuk yang katakana. Memang agak lama sebab untuk menulis satu huruf saja perlu menekan tombol empat kali. Tapi mending dari pada harus satu-satu ngambil dari Kotak Symbol. Apalagi kalau sudah terbiasa ngetik cepat maka berapa kali tekan sudah bukan masalah.

untuk kata yang sering dipakai, kita juga bisa buat langsung jadi seperti
です : desu,,
ました : mashita,,
わたし : watashi,,
ありがとう : arigato,,
ナルト : Naruto,,
カカシ : kakashi,, dst.

Untuk huruf kanji kita juga bisa gunakan cara yang sama, itu kalau kamu siap kerja lembur tanpa gaji, kalo ore ndak sanggup mengingat jumlah hurufnya yang ribuan, bisa teler sebelum subuh. Tapi boleh juga di coba, mungkin cuma untuk kanji yang paling sering dipakai seperti 思 : omo,, 私 : watashi 夢 : yume,, dll. Tapi jangan banyak-banyak bisa mabok.

Selamat berjuang, buat yang ndak mau repot ndak usah dicoba, apalagi yang belum bisa baca hiragana pasti tiada guna. Buat ore suka-suka aja mo dibilang percuma juga ore cuek aja. So, monggo kerso sing pingin iso, dicobi mawon mboten napa-napa.

ありがとう ございました, じゃあ またね…!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar