Kamis, 06 November 2008

Hobi Bahasa Asing

You wanna know one of my hobby? Ini hobi aneh yang jarang ore temui, ore juga ndak tahu ini bisa disebut hobi ato ndak. Yaitu Hobi belajar bahasa asing.
Semula ore hanya penasaran dan setelah dicoba ternyata ketagihan. Kalau diruntut sejak kecil ore emang sudah penasaran dengan bahasa dan tulisan yang belum pernah ore temuin sebelumnya. Tapi karena tidak ada akses untuk menpelajarinya lebih jauh, hal itu tinggal angan dan kenangan. Agak gedean dikit ore pernah denger pak Karno pernah menguasai tujuh bahasa, ore maklum aja karena dia orang hebat, sementara ore ndak pernah kebayang bakal bisa menyusul jejaknya ( kalo mimpi sih iya ).

Bahasa asing pertama yang pernah ore pelajari adalah bahasa arab ( sebab ore ngaji juga pake bahasa arab, na'am?) dan bahasa inggris, karena dulu ada stasiun televisi yang menayangkan acara anak-anak "sesame street" yang masih pake bahasa inggris (kalo sekarang udah beganti nama "Jalan Sesama"). Dari situ ore mulai mengenal bahasa orang amrik, dan dilanjutkan ketika masuk smp kelas 1 dan seterusnya ore selalu dapat pelajaran bahasa inggris. Waktu itu ore belum menganggap belajar bahasa sebagai hobi, malah seperti kebanyakan anak-anak lain pada alergi, sepeti alerginya pada pelajaran matematika, dan tentu saja prestasi tak pernah memuaskan sampai di SMA.

Ore mulai tertarik belajar bahasa asing berawal dari kesukaan ore main video games. Waktu rame-ramenya Playstasion ore termasuk orang yang terkena demamnya. Setelah berjuang keras menabung dan urunan sama my little brother yang kebetulan punya hobi yang sama dalam dunia game, akhirnya ore bisa memiliki mesinnya sendiri. PSone keluaran sony. Setelah itu ore jadi pecandu game dan sering main video games sampai over dosis (teler abis..). Dan sejak saat itu pula ore mengenal bahasa jepang. singkat cerita, karena penasaran ore hunting buku plus kamus ampe keluar kota sebab agak susah nyarinya.

Setelah beberapa tahun ore tertantang juga untuk mempelajari bahasa mandarin gara-gara tergoda siaran TV parabola yang banyak pakai bahasa wang cing cang tapi ndak ada orang yang paham. Setelah rasa penasaran sedikit terobati, ore coba-coba mengenal bahasa jerman dan perancis, saking ambisinya ore telan dua-duanya sekaligus sampe ampun-ampun rasanya kepala buat belajar, perut mual sampe mau muntah. Akhirnya tobat dulu.

Tak berselang lama, jerman dan perancis belum kelar menyusul bahasa spanyol dan itali ore pelajari, wal hasil karena materi dan media belajar kurang mendukung akhirnya ore mentok Cuma bisa logat bahasanya. Yang terakhir bahasa india, kalo yang ini lebih dikarenakan penasaran dengan hurufnya yang mirip dengan aksara jawa. Ore sempat mempelajarinya tapi baru tahap pengenalan saja.

Setelah ore pikir-pikir dan ore itung-itung, banyak sekali bahasa yang ore pelajari, hasilnya mudah ditebak, ndak ada yang mateng sebab belajarnya otodidak dan tergantung mood. Akhirnya ore putuskan untuk fokus dulu pada bahasa yang sudah jelas. Dan akhire bahasa inggris sama arab ore tinggal dulu karena sudah agak mendingan, trus sekarang lagi konsen ke china, jepang sama korea. Hasilnya juga lumayan, buat nonton acara tv sudah mulai nyambung dikit-dikit. Yang lain nunggu kalo bahan belajarnya udah dapat.

Sayangnya ore belum pernah praktek sama native nya, paling tidak speaking sama orang yang bisa bahasa asing yang ore pelajari gitu (padahal pengen, hiks TT). Kesimpulannya bahasa ore masih masih pasif.

So siapa aja yang pengen belajar bahasa asing ore di bantuin yaa!! (apa ndak sebaliknya? Ah mo di bolak balik sama aja, yang mo sharing ato curhat ndak usah ketik reg spasi, langsung aja posting kesini) pede amat (^.^) v

감사합니다

Tidak ada komentar:

Posting Komentar